Welcome

Tips Mudah Cara Setting Jam Digital Masjid Dengan Remote

Penemuan jam digital ternyata juga merambah khusus ke jam digital masjid yang membantu umat Islam dalam mengingatkan untuk solat. Seperti namanya jam ini cara pengaturannya berbeda dengan jam biasanya yang bisa di putar kemudian tinggal menentukan jarum jam sesuai dengan waktunya. Cara setting jam digital masjid dengan remote tidak semudah itu terutama untuk orang-orang yang tidak mengenal digital sama sekali. Terlebih kebanyakan merbot masjid adalah orang-orang yang usianya sudah tua dan biasanya asing dengan digital. Tentu selain mengandalkan buku panduan yang biasanya disertakan dalam box atau kemasan jam digital. Berikut adalah tips mudah cara setting jam digital masjid dengan remote.

  1. Kenali Tipenya

Cara penyetelan jam digital ini tergantung dengan jenis atau merek jam digital yang anda punya. Karena setiap merek akan berbeda tombol pengaturannya terutama remotenya. Remote jam digital rata-rata yang produksi asli buatan Indonesia remotenya di desain sesimple mungkin agar memudahkan dalam penyetelan. Ada beberapa tombol yang utama dalam remote yaitu menu, tombol on dan off baik itu di box dan remote.

Tentu untuk mengenali tipe dan cara mudah penyetelannya anda harus membaca petunjuk yang ada di buku petunjuk yang dibawaan dari jam digital masjid anda. Ingat beberapa jam digital masjid banyak yang buatan China. Pastikan anda mendapatkan buku petunjuk dengan bahasa Indonesia atau minimal dalam bahasa Inggris.

  • Tahapan-Tahapan Cara Setting Jam Digital Masjid Dengan Remote

Sebagai jam yang menjadi pengingat waktu adzan tiba agar di kumandangkan tepat waktu, jam digital mempunyai pengaturan khusus di sesuaikan dengan jadwal solat yang sudah di tentukan oleh Majelis Ulama Indonesia dan masing-masing daerah berbeda waktu solatnya. Maka anda harus memperhatikan hal tersebut dengan baik-baik. Berikut adalah tahapan mudah untuk melakukan penyetelan jam digital masjid.

  • Nyalakan Perangkat

Jam digital masjid adalah jam yang dayanya dihidupkan dan digerakkan dengan listrik. Maka anda perlu untuk menyalakan jam digital masjid dengan perangkat bawaan dari jam biasanya dalam bentuk adaptor dengan kabel listrik. Jadi letakkan jam digital dilokasi yang mudah terbaca oleh umat ataupun dekat dengan colokan listrik.

  • Kenali Pengaturan Remote

Remote dalam jam digital ini ada beberapa tombol umum yang biasanya ada dalam remote seperti remote televisi. Ada tombol on/off yang biasanya bentuknya bulat di atas remote. Ada tombol enter atau OK dan ada tombol naik turun untuk memilih menu yang anda inginkan. Dan tombol kanan dan kiri yang biasanya diperuntukan untuk pindah menu sesuai dengan pilihan anda. Nah, dalam jam digital masjid ada tombol COR untuk memasukan kode atau memilih kode sesuai dengan kota atau zona waktu. Hal ini khusus karena waktu solat untuk zona waktu Indonesia barat pun berbeda-beda bahkan antar satu provinsipun bisa selisih waktu untuk solatnya.

Lalu pada jam digital masjid ini untuk beberapa seri sesuai dengan produsennya menampilkan tombol khusus untuk penyetelan waktu iqomah.

  • Atur Dengan Tanggal Terlebih Dahulu

Biasanya jam digital ini ada beberapa yang otomatis terupdate dengan jangka waktu tertentu. Maka disarankan bagi anda yang baru membeli jam digital. Lakukan penyetelan pertama di tanggal terlebih dahulu baru kemudian jam. Jangan langsung ke pengaturan solat atau iqomah. Ini menghindari dua kali penyetelan.

  • Selanjutnya Jeda Iqomah

Bagi orang Islam tentu tidak asing lagi dengan Iqomah yang tidak bisa dipisahkan dari adzan. Dan ada jeda antara adzan dengan Iqomah. Nah, pada jam digital masjid ada sistem yang mengatur jeda tersebut. Maka selanjutnya agar mudah cara setting jam digital masjid dengan remote adalah mengatur jeda Iqomah. Ada beberapa pilihan tergantung dengan jenis atau tipe jamnya. Atur jeda iqomah mulai dari waktu imsak lalu masuk ke jeda iqomah subuh yang biasanya standarnya 10 menit, lalu masuk ke Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Atur Kota Sesuai Dengan Zona

Seperti yang sudah di jelaskan bahwa waktu masuk solat untuk masing-masing daerah berbeda bahkan dalam zona waktu yang sama saja sudah beda waktu masuk solatnya. Maka dalam jam digital tipe tertentu ada pengaturan untuk memasukan kode kota. Sesuaikan dengan nama kota tempat jam digital masjid anda berada.

  • Jadwal Solat

Tahapan terakhir dalam pengaturan jam digital masjid disarankan adalah waktu solat. Hal ini agar memudahkan anda dalam cara setting jam digital masjid dengan remote karena biasanya jam digital masjid ada beberapa yang terupdate secara otomatis jadi tahapan itu guna menghindari dua kali penyetelan.

Dalam cara setting jam digital dengan remote yang paling penting adalah membaca petunjuk yang ada dalam buku atau kertas bawaan dari jam digital yang anda beli dan bisa juga dicek langsung via Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid yang memiliki kontak di HP/WA 0813-1975-1770 & Sales@liniaji.co.id. Semoga bermanfaat.