Cara Setting Waktu Sholat Jam Digital Masjid

Tugas utama dari jam digital masjid adalah mengingatkan waktu adzan yang juga sebagai tanda waktu sholat tiba tepat waktu sekarang ini terasa sangat mudah. Karena adanya perkembangan teknologi akan tetapi apakah anda tahu kenapa sholat dzuhur jatuh di siang hari dan subuh pada pagi hari? Jika sekarang ini ada jam sebagai pengingat waktu dan dulu ada matahari lalu bagaimana dengan orang-orang terhambat cuaca atau musim dan tidak ada petunjuk waktu guna menentukan waktu sholat mereka.

Sekarang ini memang mudah sekali para bilal masjid terbantu dengan adanya jam digital masjid akan tetapi bagaimana jika jam digital tersebut rusak, terutama pada waktu sholatnya.

Bagaimana cara setting waktu sholat jam digital masjid. Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid akan memberitahunya?

  1. Jam-Jam Sholat

Sudah menjadi cerita yang banyak disampaikan tentang sholat yang pertama diperintah sebagai kewajiban umat Islam dalam perjalanan Rosulullah ketika Isra Mi’raj. Dan bagaimana Islam menetapkan Sholat wajib ada lima, masing-masing sholat mempunyai sejarahnya sendiri. Begitu juga dengan penentuan waktu sholat yang mempunyai ceritanya sendiri.

  • Subuh

Anda tentu mendengar kata subuh dengan nama lain yaitu fajar. Ini yang menjadi awal sholat subuh dilakukan pada pagi hari. Bahkan sekarang subuh sudah digunakan sebagai penentu waktu. Tadi pagi bangun jam berapa? Tidak sedikit orang yang menjawab “subuh”. Para ulama menerangkan bahwa sholat subuh sendiri bisa dimulai ketika fajar kedua atau biasanya disebut fajar shodiq.

  • Dzuhur

Waktu dzuhur tiba ketika matahari sudah mulai bergeser ke tengah langit. Dzuhur sendiri mempunyai arti waktu zawal. Sholat Dzuhur sendiri justru adalah sholat pertama yang dikerjakan oleh Rosulullah maka ada sebutan sholat dzuhur sebagai sholat Al Uulaa.

  • Sholat Ashar

Arti dari sholat ashar adalah sebagai waktu sore. Dan awal mulai waktunya sholat ashar adalah ketika matahari mulai tergelincir menuju ke arah tenggelamnya, tetapi belum menguning. Dalam sejarah Islam tercatat cerita antara Nabi Yunus dengan sholat Ashar, diceritakan bahwa Nabi Yunus berhasil dikeluarkan dari perut ikan Nun atau paus ketika masuk waktu sholat Ashar.

  • Sholat Maghrib

Maghrib berarti juga adalah waktu ketika tenggelamnya matahari. Jadi tentu saja Maghrib adalah sholat yang dilaksanakan pada waktu matahari sudah tenggelam.

  • Sholat Isya

Tentu ini adalah sholat yang jangka waktunya paling panjang dibandingkan dengan empat sholat fardu lainnya. Sholat Isya artinya adalah ketika langit sudah mulai gelap. Dan ketika terang sudah muncul bintang dan bulan. Dan batas waktu sholat Isya adalah sepertiga malam yang awal.

Jika dulu menentukan sholat dengan melihat ke arah matahari. Dan pada saat itu kondisi bumi yang masih sehat. Dengan membaca tanda alam juga sudah jelas. Akan tetapi, sekarang tentu berbeda ketika bumi sudah tidak lagi memberikan tanda alam yang terlalu jelas atau malah justru manusianya yang semakin tidak peka dengan keadaan alam.

Teknologi memanjakan manusia akan tetapi juga menyelamatkan manusia karena sangat membantu. Contohnya adalah jam digital masjid yang bisa dibeli di Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid dengan tahu cara setting waktu sholat jam digital masjid yang diatur juga oleh kementerian agama melalui departemen agama menjadi teknologi jam digital masjid membantu banyak umat untuk mengingatkan sholat tepat waktu dengan alarmnya.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba jam digital tersebut menunjukkan waktu sholat yang lebih cepat atau lambat. Lalu bagaimana jika jam digital tersebut akan dipindahkan ke lokasi yang berbeda zona waktu sholatnya? Kita bisa melihat bersama bagaimana cara setting waktu sholat jam digital masjid anda.

  • Cara Setting Waktu Sholat Jam Digital Masjid

Ada beberapa kesalahan yang terjadi pada waktu sholat jam digital masjid seperti perubahan zona waktu maka anda harus mempunyai jadwal update terlebih dahulu. Anda bisa mendownloadnya di website departemen agama. Setelah itu, anda juga harus mengetahui kode kota dimana jam digital tersebut.

Lalu jika ingin mengatur ulang waktu sholat anda bisa menekan tombol UP selama dua detik. Lalu anda bisa menekan tombol MENU sebanyak 5 kali hingga muncul pada display-nya menu pengaturan waktu sholat guna mengubah sholat maghrib anda harus mengarahkan dengan menekan tombol down 2 kali.

Lalu akan muncul perubahan pada display ketika nada menekan tombol menu hingga terdengar bunyi beep. Informasi lengkapnya anda bisa membaca buku petunjuk yang dibawakan ketika membeli jam digital masjid di Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid yang memiliki kontak di HP/WA 0813-1975-1770 & Sales@liniaji.co.id karena sistem pengaturan jam digital masjid tergantung pada seri dan mereknya.