Welcome

Cara Memperbaiki Jam Digital Masjid

Jam sebagai penanda waktu manusia dan sekarang ini sudah menjadi salah satu alat penting, tidak terkecuali jam digital masjid yang sekarang ini menjadi penanda datangnya waktu sholat. Bahkan untuk jam digital masjid ini ada yang beberapa yang berbeda seperti adanya waktu Iqomah dan setiap lokasi masjid berbeda satu dengan yang lain meski satu zona waktu.

Dan ketika terjadi kerusakan atau keterlambatan anda tidak perlu buru-buru untuk membawanya ke tukang servis jam. Simak ulasan berikut ini siapa tahu bisa membantu cara memperbaiki jam digital masjid yang sudah beli di toko Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid sebagai langganan anda:

  1. Periksa Kerusakannya

Jelas yang harus di lakukan adalah mendeteksi awal kerusakan. Jika yang terjadi adalah jam mati total. Pertama periksa terlebih dahulu kondisi listrik yang ada di masjid karena pada umumnya yang biasanya menjadi pemicu mati total jam digital masjid adalah konsleting listrik. Yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi knop sikring yang ada di samping box jam digital anda.

Ada dua aliran, yaitu AC dan DC. Pada jam digital biasanya sikring dari AC ke colokan itu adalah AC matik. Jika kondisi AC yang ada pada jam digital masjid anda adalah AC matik dan anda mendapati kondisi jam mati total maka anda akan sedikit mengalami kesulitan karena spare part AC matik untuk jam digital susah untuk ditemukan di toko elektronik biasa. Maka anda perlu untuk mendapatkannya dari distributor khusus sesuai dengan merek jam digital masjid anda.

Ada cara memperbaiki jam digital masjid yang kondisi AC-nya bermasalah dengan solusi lain, yaitu mengganti travo tambahan biasa (bentuknya mirip degan tembaga yang ada di perangkat radio). Hati-hati dalam memilih tembaga ini karena tergantung dengan ukuran dan jenis jam digital masjid. Jika jam digital masjid anda ukurannya kecil maka membutuhkan tembaga dengan daya sekitar 6 hingga 12 volt 5 amper. Sedangkan untuk jam digital masjid berukuran besar membutuhkan daya hingga ukuran 10 – 20 amper. Paling tepat adalah mendapatkan spare part dari distributor karena bisa menghindari kesalahan ukuran yang berakibat tidak bisa ditutup rapat box jam digital masjid anda bahkan pada beberapa kasus memerlukan pengeboran agar jam bisa di tutup rapat.

  • Error Pada Tampilan

Jika anda melihat jam digital masjid anda waktu berjalan terlambat atau kelebihan, padahal jam digital masjid adalah penentu waktu solat maka sebaiknya adalah jam yang tepat waktu. Tenang, karena beberapa kasus kerusakan yang paling sering ditemui adalah kondisi error pada menit atau tampilan jam baik itu yang terlambat atau terlalu cepat.

Jam digital masjid memang ada perangkat pengaturan update otomatis sesuai dengan zona waktu untuk kota atau daerah (karena waktu solat zona waktunya berbeda dengan zona waktu pada jam biasa) dan jika terjadi ketidaktepatan maka anda bisa memperbaikinya secara manual. Dan cara memperbaiki jam digital masjid yang tidak tepat waktu bisa membuka buku petunjuk yang dibawakan pada saat pembelian jam digital masjid, pengaturan manual ini tergantung dengan merek jam digital anda. Di buku petunjuk ada beberapa yang umumnya ada di setiap merek adalah pengaturan manual dengan menekan tombol up, down dan menu yang letaknya biasanya di samping box jam.

Jika anda sudah memperbaiki akan tetapi beberapa saat kemudian ternyata kemballi error maka anda harus memeriksa kondisi baterai jam. Dan jika PCB pada mesin jam digital masjid anda ternyata yang rusak atau sudah terlalu tua maka anda perlu mengganti dengan yang baru. Ukuran jam digital masjid ini berbeda dengan jam dinding atau jam digital lainnya tetapi mirip dengan baterai yang ada di CPU. Anda bisa membelinya di tukang servis jam atau toko jam.

Kerusakan lainnya yang hanya bisa diganti dengan spare part bawaan karena cara memperbaiki jam digital masjid ini sedikit susah jika tidak menggunakan spare part sesuai dengan barang dari distributor asli adalah ketika running text rusak dan angka pada jam digital tidak terbaca dengan jelas. Ini adalah kerusakan seven segmen salah satu cirinya ketika jam dipegang akan terasa panas. Ini bisa diperbaiki dengan mengganti  dengan barang dari distributor dan biasanya harganya pun mahal.

Maka tidak heran ketika banyak merek jam digital masjid beredar dengan kualitas yang kurang bagus, anda akan lebih kesulitan cara memperbaiki jam digital masjid berbeda dengan ketika anda membelinya dari distributor besar yang kualitas dan jaminan garansinya. Jangan tergiur harga murah, tapi barangnya murahan. Untuk mencari jam digital terbaik maka bisa dicek langsung ke Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid dengan email Sales@liniaji.co.id dan toko berlokasi di ITC Cempaka Mas Lantai Dasar Blok E No.333 Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih Jakarta Pusat HP/WA 0813-1975-1770 saja.