Pengaruh Harga Karpet Masjid Terhadap Daya Beli Konsumen

Dalam memanfaatkan peluang usaha akan berhadapan dengan konsumen. konsumen merupakan sasaran usaha untuk mengembangkan bisnis. Tanpa adanya konsumen, mustahil prinsip ekonomi dapat berjalan dengan lancar. Hubungan imbal-balik sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan usaha yang dikerjakan. Maka dari itu, daya beli konsumen juga dapat memengaruhi produk, termasuk harga karpet masjid.

Daya Beli Konsumen

Daya beli konsumen merupakan kemampuan seseorang untuk mendapatkan atau mengonsumsi produk yang diperlukan. Terdapat perbedaan daya beli antara satu orang dengan orang lain. Ini tergantung pada pendapatan, penghasilan, dan lain-lain. Daya beli berhubungan dengan ketersediaan suatu barang. Daya beli konsumen dinyatakan dengan harga dalam bentuk uang.

Daya beli konsumen dapat mengalami peningkatan atau penurunan. Daya beli dikatakan meningkat jika berada dalam kondisi lebih tinggi daripada periode yang lalu. Sedangkan, daya beli menurun terlihat dari kemampuan daya beli konsumen lebih tinggi dari periode sebelumnya. Hubungan antara naik dan turunnya daya beli berlaku dalam hukum permintaan

Permintaan merupakan jumlah barang yang diminta dengan harga dan periode tertentu yang dipengaruhi oleh daya beli konsumen. Apabila harga barang meningkat, maka permintaan akan barang menurun. Sedangkan jika harga barang menurun, maka permintaan akan bertambah.

Faktor Yang Memengaruhi Daya Beli Konsumen

Kemampuan konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut dapat mendukung tingkat penurunan atau peningkatan dari daya beli konsumen dan tidak dapat dilepaskan dalam membeli suatu produk.

  • Tingkat Pendapatan

Pendapatan diperoleh dari balas jasa atas penggunaan tenaga atau pikiran seseorang. Dalam kehidupan bermasyarakat pendapatan disebut dengan gaji atau upah. Besarnya pendapatan berbanding lurus dengan daya beli. Jadi, semakin besar pendapatan, maka semakin besar pula kemampuan daya beli. Kebutuhan yang dipenuhi juga semakin beragam.

  • Tingkat Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini juga dapat memengaruhi daya beli konsumen. Orang yang tinggal di kota akan memiliki tingkat kebutuhan lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tinggal di desa. Begitu pula kebutuhan sebuah keluarga akan meningkat jika anggota keluarga bertambah.

  • Tingkat Pendidikan

Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat daya beli. Seorang yang mengenyam pendidikan sekolah dasar tentu tidak bisa disamakan dengan yang sedang menempuh sarjana. Hal tersebut tidak hanya dilihat dari biaya iuran sekolah, tapi juga perlengkapan yang digunakan.

  • Kebiasaan Masyarakat

Masyarakat di zaman modern terbiasa dengan hidup konsumtif. Tentu saja hal ini membuat daya beli menjadi naik dibandingkan dengan kebiasaan masyarakat zaman dahulu. Selain itu, gaya hidup juga menentukan seberapa besar daya beli konsumen. Penerapan pola hidup ekonomis perlu dilakukan agar mendapatkan barang yang benar-benar dibutuhkan. Secara tidak langsung hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dalam hidup.

  • Harga Barang

Pengaruh daya beli terhadap harga barang secara langsung berlaku sesuai dengan hukum permintaan. Semakin tinggi harga barang, maka pembeli semakin menurun. Sedangkan jumlah pembeli akan meningkat jika harga barang menurun. Dalam mematok harga barang, seperti karpet masjid, penjual harus teliti benar agar tidak mengalami kerugian, tapi juga menarik banyak konsumen.

  • Mode

Setiap hari akan selalu ada model produk terbaru yang dirilis. Produk-produk baru menawarkan mode atau tren terkini yang sangat diminati oleh konsumen. tak ingin dikatakan ketinggalan zaman, maka konsumen cenderung ingin memiliki produk tersebut. Maka tak heran jika barang baru tersebut menjadi mode dalam masyarakat. Produk tersebut akan laku keras yang berarti terjadi peningkatan jumlah konsumen.

Pertimbangan Tawaran Harga Karpet Masjid

Teori daya beli juga memengaruhi tawaran dari harga karpet. Jumlah penduduk yang semakin padat diiringi dengan penambahan penduduk beragama Islam. Dengan bertambahnya penduduk, menyebabkan masjid kelebihan jamaah hingga tidak muat menampung jamaah dalam satu lingkungan masjid. Maka dari itu, masjid pun dibangun tersebar di beberapa titik.

Agaknya hal ini menjadi perhatian pengurus masjid untuk meningkatkan kualitas agama dengan menyediakan bangunan masjid yang nyaman. Salah satu perlengkapan masjid yang dapat memberikan kenyamanan adalah pemasangan karpet. Tak hanya sebagai alas salat, karpet masjid dapat juga digunakan untuk kegiatan agama Islam lain, misalnya pengajian.

Permintaan karpet masjid ini tentu semakin bertambah dari tahun ke tahun. Otomatis ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Dalam menjalankan usaha karpet, tentu tawaran harga menjadi poin konsumen saat berbelanja. Tidak hanya pemilik usaha, konsumen pun tidak ingin rugi dengan biaya yang telah dikeluarkan.

Untuk memudahkan pihak penjual meraih pembeli, maka perlu mempertimbangkan hal berikut ini.

  • Kelengkapan

Kelengkapan jenis karpet yang disediakan menjadi penentu daya beli konsumen. Semakin lengkap karpet masjid yang tersedia, maka semakin banyak pembeli yang akan datang. Hal ini juga cukup menguntungkan bagi pembeli karena tidak perlu repot mencari ke tempat lain. Pembeli hanya perlu memilih karpet yang diinginkan dalam satu tempat.

  • Ukuran Karpet

Pemilik usaha perlu memastikan dengan benar setiap ukuran karpet karena menentukan harga karpet masjid yang ditawarkan kepada pembeli. Ukuran karpet yang besar akan dipatok dengan harga yang lebih mahal daripada karpet berukuran kecil. Jangan sampai terjadi kekeliruan karena tak hanya memengaruhi daya beli, tapi juga menghilangkan kepercayaan pelanggan.

  • Pengelompokan Karpet Masjid

Agar lebih memudahkan mematok harga, dari segi penyimpanan dan display karpet sangat penting untuk dikelompokan. Penjual bisa mengelompokkan karpet berdasarkan harga atau jenis karpet. Secara tidak langsung pengelompokan ini akan memudahkan karyawan untuk mengetahui harga karpet. Pembeli pun dapat terbantu untuk menemukan karpet yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Tingkatan Kualitas

Dalam menjual suatu barang, penjual harus paham terhadap kualitas. Ini karena kualitas akan menjadi sorotan pembeli pertama kali. Terutama untuk barang yang sering dipakai, seperti karpet masjid pembeli akan mencari yang berkualitas agar tidak cepat rusak mengingat masjid banyak disinggahi umat muslim untuk beribadah. Menyediakan karpet masjid dengan tingkatan kualitas beragam bisa semakin menarik konsumen.

  • Layanan Tambahan

Bentuk layanan tambahan dari toko karpet masjid biasanya berupa garansi, pemasangan atau pemotongan karpet. Tidak ada salahnya pembeli memanfaatkan layanan tambahan yang ditawarkan oleh toko karpet. Layanan tambahan berupa garansi telah disediakan secara gratis karena sudah menjadi kesatuan dengan karpet. Hanya saja untuk pemasangan atau pemotongan, pihak toko akan meminta biaya tambahan. Tapi biaya tersebut terbilang cukup hemat daripada memasang sendiri atau menyewa orang lain. Dari segi peralatan untuk memasang karpet pun telah disediakan oleh toko.

Butuh karpet masjid berkualitas? Di Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid yang memiliki website di liniaji.co.id tidak hanya menyediakan karpet berkualitas, tapi juga harga karpet masjid yang bersahabat. Jenis karpet tersedia lengkap dengan beragam ukuran. Sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Pelayanan terbaik akan selalu diberikan untuk kepuasan pelanggan.