Makin Khusyuk dengan Karpet Masjid Berkualitas

Makin Khusyuk dengan Karpet Masjid Berkualitas

Bayangkan, di suatu musim yang sangat dingin misal musim hujan, Anda memasuki masjid dengan karpet yang tebal dan empuk, rasanya ingin berlama-lama ya. Atau pernahkah Anda merasa perlu mengulur-ulur waktu agar bisa berama-lama di masjid yang berkarpet empuk, wangi, dan mengingatkan Anda dengan ruangan di masjid-masjid terkenal seperti Masjid Nabawi dan Masjidil Haram? Atau pernahkah Anda ingin buru-buru menyelesaikan sholat karena tidak tahan dengan bau karpetnya?

Karpet Masjid New Royal tebriz

Karpet masjid memang mempunyai peranan penting dalam menjaga betah tidaknya orang untuk menjalankan ibadah di suatu masjid. Bagi kebanyakan orang, membeli lebih mudah daripada memelihara. Banyak pengurus masjid mampu membeli harga karpet masjid yang mahal, namun belum tentu bisa memeliharanya.

Sebelum menentukan pilihan corak karpet, ada baiknya para pengurus masjid menghitung kira-kira berapa anggaran masjid yang bisa dialokasikan untuk urusan laundry rutin karpet masjid. Paling minimal, seminggu sekali karpet harus dibersihkan dengan penyedot debu. Karpet kotor bisa menjadi sarang tungau, berbagai kuman dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Dewan Keluarga Masjid [DKM] juga perlu memikirkan berapa biaya laundry dengan menggunakan jasa laundry karpet minimal enam bulan sekali untuk menjaga agar karpet tidak bau apek.

Jika sudah menghitung berapa anggaran yang diperlukan untuk laundry, pengurus masjid dapat menentukan seberapa tebal karpet yang bisa dibeli. Jika memang punya banyak anggaran untuk laundry, tidak ada salahnya memilih karpet yang tebal. Ketebalan karpet bervariasi mulai dari 0,5 – 2 cm. Secara umum, karpet masjid memiliki ukuran lebar 1.2 meter dengan panjang 6meter, dengan dimesi kurang lebih 7.22 meter persegi (1 roll).

Bahan pembentuk karpet juga perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum membeli. Ada lima jenis material karpet, yaitu sutra, wol, nilon, polipropeline, dan kulit. Tentu saja, sutra paling mahal, sampai ratusan juta rupiah. Untuk ruangan yang sering digunakan seperti masjid ada baiknya menggunakan karpet berbahan nilon. Secara umum, kotoran tidak mudah melekat di karpet berbahan nilon sehingga mudah terisap saat dibersihkan dengan vacuum cleaner. Kelebihan lain bahan nilon adalah bulu-bulu karpet yang berdiri tidak mudah jatuh, sehingga ada sensasi empuk. Warnanya yang cerah memberi daya tarik tersendiri. Jika anggaran lebih kecil, bisa memilih karpet berbahan poliprophylene. Harganya bisa setengah dari karpet berbahan nilon. Namun kekurangan karpet berbahan propeline adalah warna yang kurang cerah, kotoran mudah menempel, dan buku-bulunya yang berdiri mudah jatuh.

Ada beberapa jenis karpet masjid yang bisa dipilih, yaitu karpet masjid turki, madeena, milenium, dan kingdom.Karpet masjid turki dan madeena merupakan karpet yang populer, dengan menggunakan bahan dasar polipropeline. Dengan ketebalan sekitar 6 mm, harga karoet ini berkisar 600.000 per 6 meter. Sedangkan untuk karpet new royal tebriz ketebalannya bisa mencapai 17 mm. Karpet new royal tebriz berbahan dasar nilon yang empuk sehingga cocok jika jama’ah masjidnya kebanyakan orang yang sudah tua. Harganya bisa mencapai 3.900.000 per 6 meter. Karpet yang istimewa adalah karet Masterpiece berbahan dasar nilon. Ketebalannya 20mm dengan harga diatas 4.500.000 per 6 meter

Corak dan warna karpet juga merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Warna karpet yang teduh mampu menghasilkan sensasi tenang di dalam masjid. Paling banyak diminati adalah warna karpet hijau dengan corak seperti pada karpet masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Meski badan masih di Indonesia, hati bisa serasa di tanah suci!