Jadi Produsen Jam Digital Masjid Sekaligus Distributor

Ketika anda sudah bisa memproduksi jam digital sendiri. Anda tentu butuh orang yang menjualnya. Kenapa tidak ada sendiri selain jadi produsen jam digital masjid anda juga bisa menjadi distributor sekaligus. Bagaimana bisa? Mungkin anda merasa bahwa anda tidak mahir menjual maka anda memilih untuk memproduksi barang saja. Simak ulasan berikut bagaimana menjadi distributor yang mendistribusikan hasil produsen jam digital masjid karya anda:

Jadi Produsen Sekaligus Distributor Dari Rumah

Produk yang anda jual sudah ditentukan dan spesifik dan anda dapat menjadi distributor dari rumah. Secara umum, pilihan anda jadi produsen jam digital masjid sekaligus berfungsi sebagai distributor adalah fungsi yang saling menguntungkan dan berkaitan erat.

Anda tidak perlu mencari distributor sementara anda sebagai distributor tidak butuh untuk mencari vendor yang memenuhi kebutuhan anda sebagai distributor dan tidak perlu menjadwal panggilan telepon atau minta informasi lebih lanjut melalui email. Karena anda bertindak sebagai produsen jam digital masjid sekaligus juga distributornya.

Tentu tugas anda akan lebih sedikit melelahkan. Tapi ingat anda itu ibarat berbisnis warung makan. Anda juga sebagai orang yang memasaknya akan tetapi juga sekaligus menjual makanan anda ke pelanggan langsung. Maka anda perlu untuk mempelajari tentang pasar, akuntansi perusahaan dan bagaimana mendapatkan pasar seperti halnya yang dilakukan oleh para distributor profesional.

Perluas Pengetahuan Anda

Anda mungkin hebat dalam mendesain dan membuat perangkat akan tetapi sebagai distributor selain keterampilan pemasaran yang kuat, distributor perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang anda jual. Dan anda sebagai produsen tentu orang yang paling paham tentang produknya. Inilah kelebihan merangkap pekerjaan. Sebagian besar pekerjaan dalam distribusi membutuhkan gelar sarjana, keterampilan pemasaran yang kuat dan pengalaman dalam penjualan.

Pertimbangkan untuk menghadiri seminar ataupun lokakarya tentang pemasaran yang terutama yang berhubungan dengan spesialisasi anda. Misalkan seminar tentang sistem pemasaran produk digital. Ini selain memperkuat ilmu anda tentang distributor sekaligus memperluas jaringan anda.

Legalitas Bisnis Anda

Mungkin selama anda menjadi produsen jam digital masjid kurang memperhatikan tentang legalitas bisnis anda. Dan sekarang ini adalah saatnya anda ketika memulai bisnis distribusi karena tidak ada bedanya dengan memulai bisnis lainnya. Anda mendaftarkan perusahaan, mengajukan nomor identifikasi pajak dan memperoleh izin usaha dan izin distribusi. Selain itu, perlu untuk membuka rekening bank dan membeli asuransi untuk kendaraan dan fasilitas penyimpanan anda (jika perlu).Jika anda memiliki kantor fisik, anda mungkin perlu izin zonasi.

Putuskan apakah anda ingin beroperasi sebagai pemilik tunggal sebuah perseroan terbatas (LLC) atau kemitraan. Akan tetapi sangat disaran untuk kepemilikan perseorangan hal ini karena anda juga sebagai produsen langsung serta jika anda melakukan rencana menjadi distributor dari rumah maka pilihan ini sudah tepat. Jika bisnis sudah berjalan dan pertumbuhan baik maka anda bisa mendaftar sebagai LLC ini sebagai salah satu upaya melindungi aset pribadi anda jika terjadi tuntutan hukum atau kebangkrutan. Pilih nama bisnis anda tentu selain nama produsen jam digital masjid saja yang mempunyai nama. Dan setelah itu daftarkan di negara anda.

Tugas Dan Tanggung Jawab Distributor

Tentu anda sebagai produsen jam digital masjid kurang paham tentang tanggung jawab seorang distributor. Sebagai distributor, misalnya Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid yang berlokasi di ITC Cempaka Mas Lantai Dasar Blok E No.333 Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih Jakarta Pusat HP/WA 0813-1975-1770, bertanggung jawab mengindentifikasi klien potensial dan memastikan mereka menerima produk yang tepat waktu dan dalam kondisi baik barang yang datang. Anda perlu mengetahui tentang pasar dan bagaimana memasarkan produk yang anda jual, negosiasikan harga dan buat paket nilai tambah.

Distributor adalah perantara antara produsen dan pengecer sehingga mereka harus melakukan upaya terbaik mereka untuk mempromosikan, menjual dan melayani barang yang mereka tawarkan. Tugas mereka melampaui mengambil pesanan dan menyimpan stok. Jadi anda yang selama ini kadang marah ke distributor sebagai produsen jam digital masjid karena barang yang di produksi rendah permintaan.

Ingat ketika menjual barang yang sudah spesifik maka akan lebih susah untuk melakukan distribusi maka ketika anda belajar untuk sekaligus menjadi distributor dari produk hasil produsen jam digital masjid anda akan lebih peka dan paham ke pasar. Susah dan ribet, tetapi usaha dan kerja keras tidak membohongi hasil.