Cara Penjual Menentukan Harga Jam Digital Masjid Di Jakarta

Ini selalu menjadi pertanyaan bagi banyak orang ketika ingin atau mempunyai keinginan untuk memulai berbisnis, Bagaimana cara saya memberi harga produk dengan mudah? Hitungannya mulai dari mana cara penjual menentukan harga jam digital masjid di Jakarta? Sementara itu persaingan bisnis jam digital masjid belakangan ini sangat ketat dilihat dari meningkatnya permintaan pelanggan karena masjid-masjid atau mushola mulai menggunakan jam digital masjid sebagai pengingat adzan tepat waktu.

Simak ulasan berikut agar anda yang ada di ibukota bisa menentukan harga jam digital masjid di Jakarta. Ada dua metode menentukan harga jual produk anda, yakni:

  1. Cara Sederhana Untuk Harga: Cost Plus Pricing

Bagi anda yang tidak mengetahui penghitungan ekonomi atau bisnis bahkan ilmu akuntansi yang minim tapi melihat bagaimana pebisnis memulai usaha bisa menggunakan cara yang mudah untuk menentukan harga produk anda. Ini adalah cara yang paling umum untuk memberi harga produk anda dengan mudah. Anda cukup mendapatkan total semua biaya produksi satu unit produk atau layanan anda. Dalam hal ini adalah produksi jam digital anda.

Apa yang harus dimasukkan dalam harga adalah biaya produk anda saja?

Jika anda menyukai produk jam digital anda adalah produk manufaktur, biaya anda akan mencakup semua bahan langsung dan tenaga kerja yang diperlukan untuk membuat produk. Akan tetapi, jika anda mengambil barang dari orang lain atau anda sebagai pengecer maka anda harus memasukan jumlah yang ada bayarkan untuk produk tersebut.

Tapi, bagaimana dengan layanan? Ini memang sedikit berbeda dengan penghitungan hasil produk karena penghitungan jasa atau pelayanan lebih rumit. Adanya biaya yang dikeluarkan anda sepanjang jalan atau uang transport harus di masukkan.

Cara menghitung biaya untuk menentukan harga jam digital masjid di Jakarta, seperti yang dilakukan oleh Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid, ada tiga cara, yakni:

  • Markup

Markup adalah perbedaan antara biaya produk dan harga jualnya. Secara umum, tergantung pada industri itu hingga bisa dinyatakan sebagai presentasi biaya. Bisnis anda adalah jam digital masjid:

Bahan (mesin jam, frame, dan lainnya) : Rp. 1.000.000

Tenaga Kerja dan bahan : Rp. 400.000

Total biaya : Rp. 1.400.000

Diinginkan Markup: 40%

Harga jual anda akan dihitung sebagai: Rp. 1.400.000 X 140% = Rp. 1.960.000.

Dalam contoh di atas, laba kotor adalah Rp. 1.960.000 – Rp. 1.400.000 = Rp. 560.000.

Dituliskan dalam persentase: margin adalah laba kotor ÷ harga jual =0,286 = 28,6%

  • Gunakan Margin

Margin merupakan laba kotor yang di cari dengan rumus harga jual – harga pokok penjualan. Dengan menggunakan markup, katakanlah kita ingin harga jual yang kita inginkan margin 40%. Gunakan penghitungan aljabar sederhana:

Harga jual (SP) – harga pokok penjualan = margin yang diinginkan

1 (SP) – Rp. 1.400.000 = 40 (SP)

1 (SP) – 40 (SP) = Rp. 1.400.000

6 (SP) = 140

SP = 233.33

Rp. 2.330.333 – Rp. 1.400.000 = Rp. 933.333 Dihitung dalam persentase 93.33 ÷233,33 = 40%

Seperti yang anda lihat, perhitungan untuk markup sedikit lebih mudah digunakan daripada penghitungan menggunakan persentase margin.

  • Cara Menghitung Harga Produk Dengan Target Costing

Target costing adalah kebalikan dari penetapan harga cost-plus. Alih-laih mulai dari biaya menentukan harga, disinilah anda mulai dengan harga pasar untuk menentukan biaya yang dapat anda gunakan untuk membuat produk.

Bagaimana anda bisa menentukan harga pasar jam digital?

Gunakan rata-rata. Di era online ini, sangat mudah untuk mengintip toko-toko pesaing online. Dari sana, anda bisa mendapatkan perkiraan kasar berapa harga rata-rata pasar. Karena jam digital masjid adalah produk yang cukup unik dan memiliki pasar yang spesifik, pertimbangkan produk serupa. Jika tidak, anda akan menjadi pembuat harga yaitu anda dapat menentukan harga pasar.

Ini adalah daftar harga jam digital masjid di Jakarta yang bisa menjadi referensi anda dalam menentukan harga pasar:

  • Jam digital masjid tanpa running text di Jakarta rata-rata harga pemasarannya Rp. 1.250.000.
  • Sementara harga jam digital masjid di Jakarta tanpa running text rata-rata paling atas adalah  Rp. 3.900.000.
  • Dan harga dengan running text rata-rata Rp. 2.800.00,- hingga rata-rata atas Rp. 5.000.000.

Itu merupakan harga jam digital masjid di Jakarta yang masih menggunakan pigura dan lebih banyak diminati oleh masjid kecil atau mushola. Karena perawatan dan penggunaannya yang tidak serumit jam digital masjid yang tanpa frame.