Welcome

Cara Membuat Jam Digital Masjid

Ketika anda solat lalu melihat dan kemudian mendengar alarm jam yang ada di masjid. Itu adalah salah satu teknologi yang membantu umat Islam dalam menjalankan azan tepat waktu, jam digital masjid. Berbeda dengan jam digital pada umumnya ada beberapa komponen yang harus ada dan juga cara pengaturan jam yang harus mengikuti aturan Kementerian Agama Indonesia untuk jadwal solat yang biasa satu zona waktu, tetapi jadwal solatnya berbeda.

Dan anda langsung berpikir pasti cara membuat jam digital masjid susah. Apa bisa di buat sendiri? Tentu anda bisa membuatnya karena cara membuat jam digital masjid terutama yang tanpa EEPROM dan dilengkapi dengan Arduino itu bisa dipelajari bertahap.

  1. Kelebihan Tanpa EEPROM

Rata-rata jam digital yang ada di pasaran masih menggunakan komponen EEPROM yang difungsikan menyimpan jadwal solat secara berkala. Dan sekarang dengan perpaduan menggunakan source code membuat anda tidak perlu update jadwal solat pada jam digital masjid anda secara berkala. Kelebihan dari cara membuat jam digital masjid tanpa EEPROM adalah sebagai berikut.

  • Tidak perlu repot untuk mengupdate jadwal solat secara berkala baik untuk anda sebagai penjual atau konsumen.
  • Jam bisa dikirim ke mana saja karena ada program mengenai titik lintang serta bujur. Sehingga ketika anda berada diwilayah zona solat lain waktu maka anda tinggal cari tahu titik bujur dan lintang sesuai lokasi jam digital masjid.
  • Tidak diperlukan software khusus untuk memprogram jadwal solat sehingga mudah untuk memasukan data di komputer.
  • Perhitungan jadwal solat terpercaya dan akurat.
  • Cari Tahu Tentang Source Code

Komponen penting dalam jam digital masjid adalah source code. Anda bisa mempelajarinya di internet karena banyak artikel yang membahas tentang ini dan juga ada tahapan-tahapan di dalamnya. Biasanya waktu solat yang banyak ditemukan saat anda mencari tentang coding arduino dalam bahasa Inggris. Selain itu anda juga harus mencari tentang library. Setelah menemukan yang paling mudah untuk anda pelajari maka langkah selanjutnya adalah dengan mencocokan jadwal anda dengan jadwal yang dikeluarkan oleh kementerian agama Indonesia di website resminya.

Jika jam digital anda tidak cocok dengan jadwal yang ada di website Kemenag maka tidak perlu panik karena jika tidak melebihi batas aman, yaitu 2 menit lebih lambat atau lebih cepat maka perhitungan library anda sudah bagus. Sedangkan jika overflow maka ada sedikit permasalahan di tanggal juliannya. Anda bisa menggunakan program mengoreksi data.

  • Perhatikan Beberapa Peraturan Penting

Ketika anda mempelajari cara membuat jam digital masjid dengan program komputer maka ada beberapa variabel yang perlu anda perhatikan:

  • Pengaturan Tanggal – Jika anda ingin melakukan pengaturan pada kalender anda bisa mengkombinasikan dengan RTC maka akan secara otomatis. Anda juga bisa menggunakan RTC DS3231 yang bisa digunakan dalam jangka panjang.
  • Pengaturan Lintang dan Bujur – ketika jam digital masjid yang sudah terprogram maka hal yang perlu di perhatikan adalah titik lintang dan bujur. Sekarang ini anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di handphone yaitu maps. Anda juga bisa menggunakan fasilitas yang ada di handphone untuk kemudian kirim ke kawan anda. Lokasi yang terkirim bisa digunakan untuk mengecek titik lintang dan bujur sesuai dengan lokasi jam digital ingin di pasang.
  • Timezone – zona waktu ini penting karena Indonesia sendiri terbagi menjadi tiga zona waktu. Pada peraturan cara membuat jam digital masjid zona waktu itu mempunyai nilai pada masing-masing zona waktu. Biasanya WIB memiliki nilai 7, sedangkan Waktu IndonesiaTimur mempunyai nilai 9 dan pada WITA mereka memiliki nilai 8.
  • Pengaturan Subuh dan Isya – dalam website resmi Kemenag mereka sudah menetapkan jadwal subuh dan isya di seluruh Indonesia. Dan ketika anda membuat jam digital masjid usahakan untuk menggunakan alat atau program yang sama dengan Kemenag sehingga anda tidak perlu mengganti nilai setiap sudut jadwal solat terutama subuh dan Isya

Ketika sekarang ini sangat mudah untuk mempelajari sesuatu terutama menggunakan internet maka tidak mungkin cara membuat jam digital masjid tidak bisa anda pelajari. Anda bisa belajar secara otodidak untuk mengembangkan jam digital masjid lebih berkembang lagi karena manfaatnya yang banyak.

Dan untuk memiliki jam masjid terbaik maka bisa menghubungi Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid, dengan kontak di WA 0813-1975-1770.