Selain Untuk Alas, Ini Dia Kegunaan Dari Karpet Mushola

Ada beberapa istilah untuk tempat ibadah umat Islam. Secara umum orang sudah mengenal masjid sebagai tempat melaksanakan ibadah dan salat berjamaah. Ada tempat lain yang bernama mushola, juga sering dijadikan tempat ibadah bagi umat muslim. Bukan hanaya masjid, kini karpet mushola juga digelar untuk memberi kenyamanan beribadah.

Pengertian Mushola

Seperti halnya masjid, muhola dijadikan tempat untuk melaksanakan salat lima waktu dan mengaji. Di Indonesia, nama lain dari mushola adalah langgar atau surau. Ukuran tempatnya lebih kecil dari masjid, bahkan cenderung menampung sedikit jamaah. Kedudukan mushola sama seperti masjid.

Mushola pada umumnya dibangun pada sebidang tanah kecil. Pada bangunan tertentu, seperti mall dan gedung perkantoran menyediakan mushola di dalamnya. Bahkan untuk memudahkan anggota keluarga melakukan salat, banyak rumah yang menambahkan ruangan kecil sebagai mushola. Maka dari itu, kepemilikan mushola bersifat pribadi.

Meski kedudukannya sama dengan masjid, yaitu sebagai tempat salat lima waktu, mushola tidak memiliki hukum masjid. Mushola tidak bisa digunakan untuk salat jumat dan iktikaf. Ini karena mushola bersifat sementara, dapat berpidah kepemilikan, terutama bagi rumah atau gedung yang berstatus sewa.

Karpet Sebagai Alas

Karpet dibuat sebagai furniture yang cukup dibutuhkan. Karena memiliki kedudukan yang sama dengan masjid, mushola juga perlu memiliki karpet agar jamaah dapat beribadah dengan nyaman. Karpet mushola dijadikan sebagai alas lantai yang memudahkan jamaah untuk beribadah. Keberadaan karpet ini membuat lantai terasa lebih hangat karena jamaah tidak bersentuhan langsung dengan lantai lembap dan dingin.

Kadangkala dalam sebuah mushola terdapat furniture lain seperti lemari atau laci untuk menyimpan perlatan salat. Dengan menggelar karpet di atas lantai dapat mencegah lantai rusak karena pergeseran. Karpet sebagai alas juga akan memudahkan saat melakukan pemindahan lemari ke sudut yang lain.

Kegunaan Lain Karpet Mushola

Banyak orang berpendapat bahwa karpet hanya digunakan sebagai alas salat dan mengaji. Masih cukup banyak yang beranggapan karpet yang dipasang untuk memberi kenyamanan saat melakukan aktifitas keagamaan di dalam mushola. Padahal apabila dipikir lebih dalam, kegunaan karpet pada mushola tidak hanya sebagai alas. Terdapat kegunaan lain dari pemasangan karpet di mushola yang tidak disadari oleh jamaah muslim.

  • Membantu Pengaturan Shaf Salat

Agama Islam mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Dalam hal ini perkara ibadah juga telah ditetapkan. Sebagai umat muslim yang taat, akan selalu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu aturan yang harus dipatuhi saat melakukan salat berjamaah adalah kelurusan shaf. Hanya saja terkadang jamaah sulit mempertahakan posisi shaf saat melakukan gerakan salat.

Pemasangan karpet pada lantai mushola akan membantu jamaah meluruskan shaf salat. Ini bisa dikatakan sebagai poin utama kegunaan dari karpet. Karpet yang digunakan untuk mushola, pada umumnya memiliki jahitan pada bagian tepi. GarIs tepi tersebut tidak hanya berguna saat proses pemasangan, tapi juga secara otomatis dapat membagi shaf.

Pembagian shaf yang dihasilkan dari pemasangan karpet dinilai lebih rapi dan lurus. Ini terjadi karena karpet dibuat dengan perhitungan yang presisi. Karpet ini tidak hanya tersedia dalam bentuk meteran dengan motif memanjang. Di pasaran juga tersedia karpet meteran dengan motif sajadah, sehingga jamaah tidak perlu menenteng sajadah yang dipasang manual. Motif sajadah ini dapat membantu meluruskan shaf dan berukuran pas dengan tubuh jamaah.

  • Pusat Perhatian

Karpet yang digunakan sebagai penutup lantai mushola kini tersedia dengan berbagai macam motif dan corak. Motif-motif yang tergambar pada permukaan karpet tersebut memiliki ciri khas, yaitu memiliki satu titik yang bisa membuat orang yang sedang salat tetap fokus, seperti gambar kubah masjid pada bagian atas.

Motif lain yang cenderung polos dan tidak terlalu banyak corak juga membuat aktifitas salat lebih tenang dan khusyu’ karena tidak mengganggu pandangan. Maka dari itu, motif tumbuhan atau masjid selalu menjadi pilihan. Selain bisa dijadikan sebagai titik perhatian, motif tersebut dapat menenangkan pikiran. Sehingga jamaah akan selalu fokus dalam menjalankan ibadah.

  • Menciptakan Suasana

Suasana dalam mushola dapat dibuat dengan pemasangan karpet yang pas. Kesesuaian ukuran karpet dengan mushola membuat seluruh ruangan tertata rapi, sehingga sedap untuk dipandang. Kondisi ruang yang rapi, membuat ruangan terasa lebih lapang. Jamaah akan merasa nyaman kerapian penataan karpet sehingga dapat melaksanakan salat dengan tenang. Hal yang berbeda akan didapatkan jika pemasangan karpet kurang rapi, jamaah bisa merasa enggan melaksanakan salat di mushola tersebut.

Motif dan warna karpet dapat menciptakan suasana tersendiri bagi jamaah. Pemasangan karpet bermotif tertentu dapat menciptakan tema di dalam mushola yang menjadikan manusia lebih dekat dengan Rabb-nya. Maka dari itu, sebelum membeli karpet harus memastikan dulu motif yang sesuai dengan desain agar memberikan kesan mendalam.

  • Meningkatkan Semangat Beribadah

Bukan hanya masjid yang menginginkan jamaah umat Islam berkunjung, mushola yang ada di rumah maupun gedung tidak akan berfungsi maksimal jika sedikit orang yang melakukan salat. Keinginan mengunjungi mushola berkaitan dengan motivasi dan semangat dalam menjalankan perintah agama Islam.

Untuk membangkitkan semangat para jamaah, tak heran jika menempatkan karpet mushola. Pemasangan karpet bisa menjadi faktor penentu bertambahnya semangat untuk selangkah lebih dekat dengan sang Maha Pencipta. Ini sangat bergantung pada pemilihan warna dan motif yang tepat. Di pasaran banyak tersedia karpet berkualitas dengan motif dan warna yang bisa dijadikan pilihan.

  • Peredam Suara

Seorang yang sedang menjalankan aktifitas ibadah, tentu menginginkan suasana yang tenang dan hening. Suasana yang tenang memang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah dengan fokus. Dengan begitu, salat menjadi lebih khusyu’ dan meningkatkan konsentrasi. Saat mendengarkan ceramah pun jamaah bisa menyerap informasi yang disampaikan.

Dalam hal menginginkan ketenangan, pemasangan karpet pada lantai mushola bisa dijadikan sebagai solusi. Kebisingan dari luar dapat diredam dengan karpet. Ini karena karpet cukup tebal sehingga dapat menahan pantulan suara. Suara tidak dapat menembus karpet yang tebal. Dengan begitu, jamaah tetap nyaman melaksanakan salat tanpa kebisingan.

  • Memberi Kenyamanan

Tentu dengan adanya fasilitas karpet dapat memberi kenyamanan pada jamaah yang melakukan aktifitas ibadah. Meskipun berukuran lebih kecil daripada masjid, jamaah dapat dengan tenang melakukan ibadah di dalamnya. Pemasangan karpet dengan warna dan motif yang tepat menjadikan setiap orang betah berlama-lama mendekatkan diri pada Allah SWT.

Apabila bingung mencari karpet mushola di rumah maupun gedung perkantoran, Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid merupakan toko yang menjual berbagai macam karpet. Kami menyediakan karpet berkualitas dengan ketebalan dan jenis yang bervariasi. bicara mengenai harga, sudah pasti menawarkan harga terbaik. Motif karpet dapat dipilih sesuai dengan keinginan pelanggan. Pelayanan yang ramah sudah menjadi komitmen untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Yakin tidak mau beli?