Perkembangan Ukuran Karpet Sajadah Yang Ideal Untuk Masjid

            Pada bangunan masjid saat ini sangat wajar dipasang karpet untuk memberi kenyamanan jamaah yang melaksanakan ibadah. Karpet masjid kini sudah menjelma menjadi barang yang wajib ada. Beda dulu, beda sekarang, ukuran karpet sajadah telah mengalami perkembangan.

Apa itu Karpet Sajadah?

            Karpet sajadah masjid merupakan sebuah benda yang digunakan sebagai alas dalam melaksanakan salat. Karpet sajadah diaplikasikan untuk menutupi lantai yang sebagai area salat. Saat ini karpet sajadah sangat diperlukan pada masjid ataupun musholla di dalam rumah dan gedung besar. Karpet berbentuk sajadah ini memiliki peran penting dalam kehidupan umat muslim.

            Selain untuk salat, karpet sajadah yang terhampar luas pada lantai masjid juga digunakan sebagai alat penunjang kegiatan keagamaan yang lain, seperti mengaji atau ceramah. Kegunaan penting lainnya, karpet tersebut membuat lantai masjid bersih dan terhindar dari najis. Untuk membuat jamaah nyaman saat melakukan ibadah, maka di dalam bangunan masjid atau musholla sengaja dipasang karpet yang berkualitas.

Ukuran Karpet Semula

            Karpet sajadah yang dipasang pada lantai masjid sebagai alas salat, pertama kali dibuat dengan ukuran tinggi atau lebar sekitar 105 cm hingga 110 cm. Angka ini telah menjadi standar dalam pembuatan karpet sajadah oleh beberapa produsen dengan ukuran panjang yang bervariasi. Patokan ukuran lebar karpet tersebut dianggap sebagai angka yang ideal.

Ukuran Karpet Saat Ini

            Sedangkan saat ini ukuran tinggi atau lebar karpet sajadah mengalami perubahan. Perubahan ukuran tersebut semakin besar, yaitu sekitar 120 cm. Maka dari itu pembeli jarang menemui toko yang menjual karpet sajadah dengan ukuran lama, bahkan nyaris tidak ada. Ini karena karpet dengan lebar 120 cm saat ini dianggap sebagai ukuran yang ideal dan pas dengan postur tubuh.

Mengapa Terjadi Perubahan Ukuran?

            Perubahan ukuran karpet sajadah untuk masjid atau musholla perlu dilakukan karena berbagai alasan. Karpet dengan ukuran lebar 105 cm dirasa kurang nyaman oleh sebagian besar jamaah. Saat gerakan rukuk dan sujud, jamaah sering merasa terganggu dengan barisan shaf yang terlalu dekat dengan shaf di depan atau belakangnya, sehingga kepala jamaah dapat mengenai bagian pantat atau kaki jamaah yang berada di shaf depannya.

            Tentu hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi para jamaah, sehingga kurang khusyuk dalam menjalankan salat berjamaah di masjid. Untuk menyiasati ketidaknyamanan, pengelola masjid berinisiatif untuk memberi jarak pada barisan karpet dan menandai dengan lakban. Akan tetapi, hal tersebut ternyata kurang efektif karena lem pada lakban dapat mengotori lantai masjid.

            Agar lebih memudahkan dan memberi kenyamanan jamaah, maka dibuat karpet dengan ukuran lebih lebar, 120 cm. Sekilas pemasangan karpet sajadah 120 cm dapat memenuhi lantai masjid sama halnya dengan ukuran 105 cm hingga 110 cm. Hanya saja dengan lebar karpet 120 cm, setiap barisan shaf lebih longgar agar tidak mengganggu jamaah yang salat di depan atau belakangnya. Pengelola masjid pun tidak perlu lagi memberi jarak antar shaf saat pemasangan karpet, sehingga lantai masjid atau musholla terjaga kebersihannya.

            Bagi yang ingin memiliki ukuran karpet sajadah ideal 120 cm, dapat membeli di liniaji.co.id. Terdapat banyak pilihan motif dan kualitas yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja harga yang ditawarkan sangat bersaing dengan pelayanan yang tidak mengecewakan. Kurang puas dengan stok karpet? Bisa juga memesan karpet custom dengan ukuran dan harga yang disesuaikan.