Mengetahui Fungsi Dari Pemasangan Karpet Sajadah Di Masjid Dan Mushola

Dalam aktivitas agama di dalam masjid, seolah tak lepas terhadap pengadaan karpet. Bahkan masjid-masjid yang tersebar di kota besar maupun kota kecil sudah wajar menjadikan karpet sajadah sebagai alas salat. Ini karena pemasangan karpet memiliki fungsi beragam yang sangat bermanfaat bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah.

Pengertian Karpet Bentuk Sajadah

            Karpet sajadah merupakan peralatan yang sangat diperlukan pada tempat ibadah umat muslim, seperti masjid. Terkadang, karpet ini juga digunakan pada mushola yang berada di dalam gedung perkantoran, mall dan rumah. Hanya saja kebutuhan sajadah untuk mushola yang bentuknya panjang ini lebih sedikit dibandingkan dengan masjid.

            Keberadaan sajadah yang menyerupai karpet biasa ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan ibadah umat muslim. Karpet ini memberikan kenyamanan saat melakukan aktivitas ibadah. Kenyamanan menjadi faktor utama dalam menjalankan aktivitas ibadah, seperti salat atau mengaji. Adanya karpet ini, membantu umat muslim lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Ukuran Ideal

            Dari segi ukuran, sajadah berupa karpet yang dijual di pasaran mengalami perubahan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan umat muslim. Perubahan yang terjadi terletak pada ukuran lebar atau tinggi karpet. Ukuran satu sajadah dalam bentuk karpet pada awal produksi sekitar 105 cm hingga 110 cm. Sementara saat ini telah banyak dijual sajadah dengan ukuran lebar 120 cm, salah satunya di Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid.

Fungsi Utama

            Setiap umat muslim paham benar untuk menjalankan aktivitas ibadah di masjid atau mushola memerlukan alas. Maka dari itu, banyak pengurus masjid menutupi seluruh lantai ruangan dengan karpet. Bahkan di mushola yang ukurannya lebih kecil daripada masjid juga dipasang agar dapat beribadah secara maksimal. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi utama karpet sajadah yang sangat diperlukan umat muslim.

  • Alas Duduk

            Masjid atau mushola tidak hanya dijadikan sebagai tempat melaksanakan salat berjamaah. Sebagai bangunan pusat dakwah, maka masjid juga berfungsi untuk melaksanakan jenis kegiatan agama islam yang lain, seperti dakwah dan pengajian. Bahkan hal tersebut juga biasa terlihat di mushola yang berada di tengah-tengah kampung kecil.

            Kegiatan agama, tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kebanyakan kegiatan agama tersebut lebih banyak aktivitas duduk mendengarkan ceramah. Bahkan saat pengajian, membaca Alquran pun dilakukan dalam kondisi jamaah duduk bersila di lantai masjid atau mushola. Saat itulah pemasangan karpet sangat dibutuhkan agar jamaah merasa nyaman.

  • Alas Dari Najis

            Saat menjalankan salat wajib maupun sunnah, umat muslim diharuskan dalam kondisi bersih, bebas dari najis. Jika mendapati najis yang menempel, maka wajib dibersihkan sesuai dengan aturan dalam hukum Islam. Meski begitu, najis juga dikategorikan dalam beberapa jenis. Salah satu fungsi utama karpet yang dipasang pada ruangan masjid atau mushola adalah untuk menghalangi bagian tubuh, pakaian dan mukena bersentuhan dengan najis.

  • Alas Dari Panas Dan Dingin

            Hukum agama bersifat tetap, sedangkan cuaca bisa berubah. Kondisi cuaca bisa panas dan dingin. Perbedaan karakter dari kondisi alam turut memengaruhi kondisi lantai masjid. Ada kalanya lantai masjid terasa panas dan dingin hingga lembap. Saat berlangsung salat jumat, biasanya masjid akan penuh dengan jamaah laki-laki hingga ke teras maupun halaman masjid.

Karpet dapat memberi kenyamanan dari beragam kondisi tersebut. Panasnya lantai atau halaman masjid dapat diredam dengan menggunakan karpet sebagai alas. Sedangkan pada lantai masjid yang lembap dan dingin, karpet dapat menghangatkan jamaah. Sehingga jamaah muslim tidak merasa dingin dan terserang penyakit masuk angin.

  • Pembatas Najis

            Najis tidak hanya ada di luar ruangan, di dalam pun kadang terdapat najis yang tidak diketahui. Bukan tidak mungkin di dalam rumah atau masjid terdapat debu dan kotoran. Meskipun jarak najis dan posisi salat cukup jauh, tetap saja lantai atau tempat tersebut tidak semestinya digunakan untuk salat. Penggunaan karpet sangat diperlukan sebagai pembatas antara letak najis dengan lokasi salat. Karpet yang berbentuk sajadah dapat dijadikan sebagai pembatas tak terlihat dari najis.

  • Meluruskan Shaf Salat

            Dalam menjalankan salat berjamaah, sudah menjadi hal yang harus dikerjakan untuk meluruskan shaf. Shaf yang lurus merupakan bagian dari kesempurnaan dalam salat berjamaah. Maka dari itu, seorang imam sering kali mengingatkan untuk meluruskan shaf kepada makmumnya sebelum memimpin salat. Karena karpet bentuk sajadah di desain lurus dengan ukuran yang pas, dapat membantu meluruskan shaf jamaah.

  • Menambah Nilai Estetika

            Karpet bernuansa sajadah yang dijual memiliki beberapa jenis motif dan warna yang bisa menambah nilai estetika masjid atau mushola. Perpaduan antara arsitektur dan motif menjadikan masjid sebagai tempat ibadah yang indah, sehingga membuat jamaah merasakan suasana yang menenangkan dan lebih semangat lagi mendekatkan diri kepada Maha Kuasa. Keindahan masjid dapat menarik jamaah untuk melaksanakan salat berjamaah dan menghadiri kegiatan agama islam yang lain, seperti pengajian.

  • Menjaga Kebersihan Dan Kerapian

            Sebagai tempat kegiatan beribadah, lalu lalang orang sudah biasa terlihat. Apabila tidak menjaga kebersihan dan kerapian, maka tidak layak dijadikan tempat ibadah. Najis bisa saja muncul tanpa diduga sebelumnya. penggunaan karpet dapat membantu menjaga kebersihan masjid dan mushola. Penempatan lemari atau laci dapat dilakukan dengan rapi karena karpet akan memudahkan pemindahan. Selain itu, karpet juga dapat menghindari kerusakan yang disebabkan oleh pergeseran antara lemari dengan permukaan lantai.

  • Memudahkan Jamaah

            Sudah sewajarnya masjid atau mushola menjadi tempat singgah sementara bagi umat muslim yang sedang bepergian. Banyak umat muslim yang mampir ke masjid yang ada di pinggir jalan untuk melaksanakan salat. Keberadaan karpet bentuk sajadah ini sangat membantu seorang muslim yang tidak membawa sajadah lembaran dari rumah. Orang tersebut hanya perlu melaksanakan salat di atas karpet yang terjamin bersih dan bebas najis.

  • Memberi Kenyamanan

            Fungsi dasar karpet yang digelar di masjid atau mushola adalah untuk memberi kenyamanan pada para jamaah. Karena aktivitas ibadah yang sering dilakukan di masjid atau mushola, karpet dapat menimbulkan rasa tenang. Penggunaan karpet menjadikan jamaah lebih fokus dalam melaksanakan ibadah sehingga menjadi lebih dekat kepada sang Pencipta.

            Kenyamanan menjadi kunci umat Islam tertarik beribadah ke masjid. Maka dari itu jika memiliki anggaran lebih, tidak ada salahnya membeli karpet yang berkualitas. Akan tetapi tidak baik juga berlomba-lomba membangun masjid megah dengan fasilitas lengkap. Jangan sampai fasilitas lengkap masjid hanya berguna sebagai pemanis belaka. Pembangunan masjid yang megah disertai karpet lebar berbentuk sajadah berkualitas tidak berarti tanpa adanya jamaah.

Belum melengkapi masjid atau mushola dengan karpet sajadah? Apabila ingin membeli karpet agar meningkatkan kenyamanan beribadah, silakan mengunjungi https://www.liniaji.com/ dan melihat katalog. Tersedia beragam jenis karpet untuk melengkapi fasilitas masjid atau mushola di rumah. Harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas karpet sehingga pembeli akan merasa puas.