Welcome

Beragam Pilihan Jenis Karpet Masjid Berdasarkan Kategori

Keberadaan masjid di suatu wilayah sangat penting bagi umat Islam. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat untuk menimba ilmu agama melalui majelis ta’lim. Untuk membuat jamaah semakin nyaman, banyak masjid yang sengaja dipasang karpet. Karpet masjid digunakan sebagai alas agar jamaah tidak merasa dingin duduk dilantai. Selain itu juga jamaah bisa beribadah tanpa khawatir akan kotoran yang ada di lantai. Terdapat berbagai jenis karpet berdasarkan kategorinya yang ada di pasaran.

  1. Jenis Karpet Masjid Berdasarkan Produksinya

Untuk menghiasi masjid dengan karpet, tentu tidak bisa dikerjakan sendirian. Diperlukan karpet berukuran besar agar lantai masjid tertutupi dengan sempurna. Terdapat dua pilihan karpet berdasarkan cara produksinya, yaitu massal dan berdasarkan pesanan. Pembeli dapat memilih salah satunya dengan menimbang dari segi harga dan kebutuhan.

  • Karpet Produksi Massal

Ciri khas dari karpet yang diproduksi massal adalah memiliki motif dan corak yang sama. Di pasaran, karpet jenis ini hanya terdapat beberapa pilihan saja. Bahan yang digunakan, secara umum adalah nylon dan polyprophiline. Dipasaran, banyak ditemukan karpet ini dengan ukuran panjang tiap roll dari 6 meter hingga 40 meter. Sedangkan untuk lebarnya tersedia dalam dua ukuran, yaitu, 1.05 meter dan 1.20 meter.

Sesuai dengan namanya, karpet ini dibuat oleh perusahaan besar yang khusus memproduksi karpet. Terdapat merek dalam negeri (lokal) atau karpet impor dari Istanbul dan Turki. Karpet ini dijual menggunakan hitungan roll. Kelebihannya, karpet ini dapat dibeli dengan mudah karena selalu tersedia dipasaran meskipun hanya terdapat beberapa pilihan dan praktis saat dibutuhkan.

  • Karpet Dibuat Berdasarkan Pesanan

Karpet untuk masjid yang dibuat berdasarkan pesanan atau karpet custom memberi kelebihan tersendiri, yaitu pembeli dapat memilih sesuai dengan keinginan dari segi motif, corak, warna dan bahan. Lebih untung lagi, pembeli dapat menyesuaikan ukuran karpet sesuai dengan luasnya ruangan. Ketebalan dari karpet pun bisa dipesan berdasarkan keinginan pembeli. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat karpet custom ini dari benang wol New Zealand atau benang acrylic.

Karena diproduksi berdasarkan pesanan, maka karpet ini tidak selalu ready stock di toko. Pembeli harus memesan, kemudian menunggu proses produksi selama beberapa hari atau sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh penjual. Tak heran bila untuk mendapatkan karpet ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk harganya sendiri, memang lebih mahal karena melalui proses yang cukup panjang dari pemesanan, penentuan warna dan motif hingga pembuatan.

  • Jenis Karpet Masjid Berdasarkan Bahan

Sama seperti halnya pakaian, karpet juga terbuat dari bahan-bahan yang berbeda. Penggunaan bahan pada karpet menentukan seberapa nyaman dan seberapa tinggi kualitasnya. Berikut ini berbagai jenis karpet berdasarkan bahan pembuatnya yang bisa digunakan sebagai alas lantai di masjid.

  • Karpet Bahan Imperial

Jenis karpet imperial menggunakan bahan dari nylon. Benang nylon terkenal nyaman digunakan karena dapat menghasilkan karpet yang nyaman diduduki karena tidak panas dan permukaannya lebih lembut. Di pasaran, karpet ini tidak hanya tersedia dalam ukuran besar, tapi juga berukuran kecil dan minimalis sehingga cocok diletakkan sebagai alas pada ruangan terbatas di rumah yang difungsikan sebagai mushola.

Dalam hal ketebalan, karpet berbahan imperial memiliki banyak variasi. Akan tetapi, jangan khawatir terhadap tekstur karpet yang keras, karena karpet tetap terasa empuk dan nyaman seberapa besar pun ketebalannya. Bahkan apabila pembeli menginginkan karpet imperial yang sedikit tipis pun tidak akan sakit. Dengan tersedianya berbagai macam ukuran ketebalan, pembeli dapat memilih bebas sesuai keinginan.

  • Karpet Handmade/Handstaff

Karpet handmade/handstaff yang ditemui dipasaran pada umumnya terbuat dari pintalan benang wol atau benang acrylic. Pembeli dapat memesan terlebih dahulu motif, ukuran dan corak yang diinginkan. Motif dapat disesuaikan dengan yang telah disediakan atau berdasarkan ide desain dari pembeli berdasarkan ornament atau bentuk masjid.

Bahan acrylic membuat tampilan karpet lebih menawan karena warna yang terang dan bersih. Sedangkan karpet yang menggunakan bahan wol, tampilan warna tidak seterang saat menggunakan bahan acrylic. Hanya saja kelebihan bahan wol dapat tahan terhadap api sehingga tidak mudah terbakar.

Proses pengerjaan karpet ini dilakukan secara manual dan hanya dikerjakan apabila ada pesanan. Maka dari itu, diperlukan komunikasi yang jelas antara penjual dan pembeli agar karpet yang dihasilkan sesuai dengan pesanan. Pengerjaan karpet secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama. Harga karpet handmade ini tergantung dari variasi dan model yang dipesan. Rata-rata harganya memang cenderung lebih mahal dari karpet buatan mesin pabrik.

  • Karpet Meteran

Contoh karpet meteran dapat dilihat pada masjid-masjid kebanyakan. Karpet ini dipasang dengan rapat dan digelar memenuhi ruangan masjid. Untuk motif dan coraknya sangat beragam, sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan keinginan hati. Di pasaran, karpet meteran ini tersedia juga dalam berbagai warna. Biasanya, setiap ujung karpet meteran ini diobras agar terlihat rapi. Terkadang ada pula masjid yang menggunakan karpet tanpa obras karena akan disambung pada setiap baris.

Karpet meteran ini selain mudah ditemui, juga harganya relatif murah. Jenis bahan yang ditawarkan lebih bervariasi dengan ketebalan yang berbeda-beda. Bahkan tersedia karpet dengan bulu yang tipis dan tebal. Karena bernama karpet meteran maka membelinya pun dipatok dengan ukuran per meter. Harganya pun bervariasi sesuai dengan kualitas dan ketebalan yang ditawarkan.

  • Karpet Printing

Pada dasarnya pembuatan karpet printing lebih mudah daripada karpet lain yang menggunakan cara pemintalan benang. Karpet ini disebut demikian karena motif dan corak yang tergambar di permukaan karpet dibuat dengan teknik print, bukan dengan cara menyulam seperti pada karpet kebanyakan. Pada dasarnya, karpet jenis ini menggunakan bahan benang nylon. Karena terbuat dari nylon, maka karpet terasa lebih empuk dan nyaman saat diduduki. Dari segi ketebalan, karpet printing menawarkan ukuran yang beragam.

  • Karpet Yasmin Dan Nabil

Karpet Yasmin dan Nabil cukup berbeda dengan jenis karpet yang lain. ini dikarenakan bahan karpet ini terasa lebih panas daripada karpet yang menggunakan bahan nylon, acrylic, atau wol. Kelebihannya, ukuran ketebalan karpet lebih tinggi sehingga terasa empuk saat diduduki atau diinjak. Selain itu, karpet Yasmin cukup istimewa karena tersedia tanda pembatas baris antar jamaah. Maka dari itu, karpet Yasmin dapat menampilkan kesan rapi, indah dan elegan.

  • Karpet Turki

Akhir-akhir ini karpet Turki cukup digemari sebagai alas lantai masjid. Ketersediaannya di pasaran pun sangat banyak. Pada setiap toko karpet pasti dapat ditemui karpet ini karena kepopulerannya. Karpet Turki sendiri menampilkan warna dan corak yang menarik untuk alas lantai masjid. Selain itu, karpet ini menawarkan kualitas terbaik karena menggunakan benang yang berkualitas, terlebih lagi untuk karpet yang diimpor langsung dari negara Turki.

Dari beberapa pilihan jenis karpet masjid yang telah dijelaskan, mana yang akan anda pilih? Tentu saja Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid memberikan kualitas terbaik sesuai dengan keinginan pembeli. Jenis karpet yang tersedia boleh dipilih sesuai dengan kebutuhan. beragam corak dan motifnya dapat membuat masjid tampak indah.