Welcome

6 Faktor Penentu Harga Karpet Masjid Yang Bervariasi

Untuk memberi kenyamanan kepada jamaah muslim, kini masjid telah dilengkapi dengan karpet sebagai alas lantai. Hal yang sering kali menjadi pertimbangan saat membeli karpet untuk masjid adalah harga. Besaran harga karpet yang bervariasi, menyebabkan pembeli harus memilih dengan hati-hati sesuai dengan anggaran. Variasi harga karpet masjid bergantung pada beberapa hal, antara lain:

  1. Jenis Karpet

Terdapat banyak jenis karpet masjid di pasaran. Tentu saja semua bisa menjadi pilihan yang tepat dengan anggaran yang memadai. Jenis karpet menentukan patokan harga yang ditawarkan oleh penjual. Pada jenis bahan tertentu, karpet bisa saja ditawarkan dengan harga yang murah. Sedangkan bisa saja harga karpet melejit tinggi karena jenis yang lebih unggul. Jenis karpet yang terkesan mewah tentu memiliki harga yang lebih mahal daripada karpet biasa.

  • Bahan Pembuat

Bahan yang digunakan juga menentukan harga karpet. Harga karpet masjid termahal biasanya terbuat dari bahan wol. Ini karena wol memang identik dengan kesan mewah dan menawarkan kualitas terbaik. Selain itu, karpet berbahan wol sangat nyaman digunakan. Dibawahnya, ada karpet berbahan nylon yang terkenal dengan kemampuannya yang tahan air dan tahan lama. Ada pula pilihan karpet dari bahan polyester dan polypropylene yang cukup ramah di kantong.

  • Waktu Pembuatan

Faktor lain yang menentukan harga karpet sangat bervariasi adalah waktu pembuatan. Jenis karpet custom dan meteran jelas berbeda dalam hal ketersediaan. Karpet meteran selalu tersedia atau ready stock, sedangkan karpet custom hanya akan dibuat sesuai dengan pesanan. Besaran harganya pun ditentukan oleh durasi waktu pembuatan. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu karpet pesanan, maka semakin mahal patokan harga.

  • Ukuran Karpet

Penjual karpet juga menentukan harga dari ukuran. Meskipun tidak selalu menjadi patokan, ukuran karpet bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan soal harga. Harga yang disesuaikan dengan ukuran karpet biasanya berlaku untuk karpet gulung atau karpet yang dijual meteran. Uniknya, pembeli akan dikenai harga lebih mahal jika membeli dalam ukuran kecil. Sedangkan untuk karpet berkualitas tinggi, ukuran jarang sekali dijadikan patokan karena yang memperhitungkan kualitas.

  • Motif Dan Warna

Demi menampilkan keindahan masjid, penjual karpet tak segan menawarkan karpet dengan berbagai macam motif dan warna. Sehingga ada banyak sekali motif dan warna karpet untuk masjid yang tersedia dipasaran. Pembeli dapat memilih sesuai dengan desain masjid dan anggaran. Hanya saja semakin rumit motif pada suatu karpet, harganya juga lumayan mahal, terlebih lagi dengan warna dasar karpet yang pas.

  • Kerapatan Benang

Sama halnya seperti kain, karpet disusun atas rangkaian benang. Maka dari itu, kerapatan untaian atau jahitan benang sangat menentukan kualitas karpet masjid. Inilah yang menyebabkan perbedaan harga. Karpet dengan tingkat kerapatan tinggi menghasilkan karpet bertekstur lembut dan halus. Sedangkan kerapatan benang karpet yang kurang, membuat tekstur karpet menjadi kasar dan jahitan yang mudah lepas.

  • Ketebalan Karpet

Ketebalan karpet masjid dipasaran sangat beragam. Hal ini juga termasuk dalam faktor yang memengaruhi harga karpet masjid. Semakin tebal karpet, maka harganya semakin mahal. Ini dikarenakan karpet tebal memerlukan bahan yang lebih banyak. Pada umumnya, ketebalan karpet tersedia dari 0,5 cm hingga 1,5 cm.

Penggunaan karpet yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga dapat menimbang harga. Masih bingung mengapa harga karpet masjid beragam? Anda bisa menyerahkan segala kebutuhan karpet pada Liniaji | Pusat Kebutuhan Masjid yang berlokasi di ITC Cempaka Mas Lantai Dasar Blok E No.333 Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih Jakarta Pusat HP/WA 0813-1975-1770.